Sabtu, 06 April 2013

CARA MEMBANGUN JARINGAN KABEL DAN TANPA KABEL (NIRKABEL)


Setelah postingan saya yang sebelumnya tentang Analisis Software dan hardware jaringan Komputer, Kali ini saya akan membahas Tentang Pembangunan sebuah Jaringan yang  bisa menggunakan Kabel dan bisa juga tanpa menggunakan Kabel (Wireless/Nirkabel).
Ø  Peralatan yang disiapkan untuk membangun sebuah Jaringan antara lain,yaitu :
A.   Jaringan Kabel
1. Beberapa komputer yang akan difungsikan sebagai Server dan Workstation
2. Switch SMC 8 Port
3. Katu Jaringan Tipe PCI
4. Kartu Jaringan tipe PCMCIA
5. Kabel Jaringan UTP
6. Connector RJ45
B.   Tanpa Kabel (Wireless/Nirkabel)
1. Beberapa Komputer
2. Acces Point Wireless SMC
3. Kartu Wireless Tipe PCI
4. Kartu Wireless Tipe PCMCIA
5. Switch
Jiak diperluka ada beberapa peralatan tambahan yang biasanya dibutuhkan adalah :
1. Broadband Router yang dipergunakan untuk akses Internet, dan
2. Print Server

Ø  Langkah -Langkahnya adalah :
Siapkan Komputer-komputer yang akan dipakai, kali in computer yang akan digunakan sebagai workstation adalah Acer peritor, perlu saya singgung disini bahwa sebenarnya computer-komputer disini sudah memiliki fitur jaringan On board tapi untuk keperluan Visualisasi saya akan menganggap komponen-komponen tersebut tidak ada dan akan memasang kartu jaringan yang berdiri sendiri.

A. Jaringan Kabel
Berbicara mengenai kabel, harus diingat bahwa kadang kita perlu memasang sendiri connector nya, caranya sebagai berikut:

·         Pemasangan Kabel
1. Potong kabelnya secara rata.
2. Kupas pembungkus kabel ± 1 cm, dengan catatan jangan terlalu keras menekan krimping toolsnya karena bisa memutuskan kabel-kabel di dalamnya.
3. Ratakan, luruskan dan urutkan kabel didalamnya sesuai susunan Stright (PO, O, H, PB, B, PH, PC, C), lalu potong lagi supaya rata dan masukan kedalam konektornya (RJ 45), lalu crimping.


4. Lakukan pengetesan kabel, apakah kabel tersebut telah terpasang dengan baik dan telah tersambung atau tidak dengan menggunakan Kabel tester atau Multi tester. Bila sudah tersambung maka lampu kiri dan kanan pada Kabel tester akan menyala secara berurutan dan bersamaan.
·         Pemasangan Kartu Jaringan
1. Buka CPU
2. Pasang jartu jaringan pada slot PCI yang sudah tersedia. Cek lalu instalkan driver yang diperlukan.
3. Siapkan komponen-komponen lainnya seperti Switch, Server, Kabel lalu hubungkan satu sama lainnya.
Setelah dihubungkan terlihat lampu indikator pada Switch menyala, artinya secara fisik jaringan tersebut sudah terhubung.
3. Pengkonfigurasian Software
Agar lebih mudah, lebih baik dibuat 1 protokol saja dalam pembuatan jaringan. Protokol ini akan berfungsi untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih. Selain itu pula protokol ini bisa berfungsi untuk menghubungkan komputer ke Internet. Dalam hal keperluan itu kita dapat menggunakan protokol TCP/IP
Konfigurasi Komputer Client
1. Klik kanan pada My Network Place, lalu pilih properties dan windows connection akan terbuka yang didalamnya terdapat koneksi pada komputer kita.
2. Lakukan penyetingan pada properti Ethernet Card caranya klik kanan pada icon Ethernet card lalu pilih properties
 

Di dalam Local Area Connection 2 terdapat beberapa item seperti :
- Client for Ms Network
- File & Printer Sharing for Ms Network
- QoS Packet Shedule
- Internet Protocol/ TCP/IP


Bila belum ada TCP/IP kita dapat mengistalnya dengan cara klik tombol instal lalu pilih protocol lalu add dan klik OK.
3. Selanjutnya kita akan mensetting properti dapa TCP/IP dengan cara properti didalamnya terdapat Internet protocol (TCP/IP) lalu ada Use the folowing IP address.
Untuk membuat alamat IP address sendiri, klik bagian awalnya (IP address) lalu masukan 192.168.0.2. Angka dua terakhir adalah alamat komputer tersebut, untuk komputer lainnya yang terhubung ke jaringan kita bisa mengganti angka 2 dengan angka 3, 4 dan seterusnya.
"Perhatikan ... tidak boleh ada komputer yang mempunyai alamat sama, karena IP Addrees bersifat unique"


4. Lalu pada bagian subnet mask masukan 255.255.255.0 selanjutnya kita bisa memasukan nilai yang sama pada subnet mask komputer lainnya.
5. Selanjutnya klik OK lalu Close.
6. Selanjutnya kita cek identitas komputer kita dengan cara mengklik kanan My Computer lalu properti, cek Komputer name dan Workgroup nya.. Kita juga bisa merubahnya dengan cara klik change.


7. Langkah selanjutnya adalah buka pada Network Connection untuk melihat apa jaringan kita sudah terinstall.? Lalu lihat pada Work group MS Home, terdapat beberapa nama komputer yang kita beri nama tadi yang berarti sudah tersambung pada Jaringan ini. Jika kita klik pada komputer 1 terdapat beberapa folder yang telah tersharing yang terdapat pada komputer tersebut. Dengan demikian komputer ini sudah terhubung dan komputer ini juga sudah bisa melakukan komunikasi baik berupa pengiriman file atau copy file bahkan dapat merubah file-file yang telah diijinkan untuk user rubah.
Untuk menentukan beberapa folder yang akan di share/dibagi dengan para pengguna komputer lainnya. Klik kanan pada folder yang akan di share lalu pilih sharing and security, pada bagian Network Sharing kita centang/ceklis pada share this folder in the network dengan Share name .... yang namanya ini bisa kita rubah. Aktifkan pada Allow Network User to change my file bila kita mengijinkan semua user untuk mengubah isi file tersebut. Dan untuk menon aktifkannya centang pada share this folder kita hilangkan kembali.

B. Jaringan Tanpa kabel (Wireless/Nirkabel)
Sama seperti bagian pertama kita siapkan komputer-komputer yang akan kita hubungkan dengan jaringan, instalasinya relatif sama karena menggunakan kartu PCI dan PCMCIA kemudian kita ambil perangat yang disebut acess point perangkat ini berguna untuk menghubungkan kartu-kartu jaringan nirkabel yang ada di jaringan kita
Ada dua tipe koneksi jaringan nirkabel yaitu :
1. Ad hoc
Ad hoc tidak menggunakan access point, jadi setiap kartu jaringan nirkabel saling berhubungan namun tidak berkomunikasi dengan jaingan luar.

2. Infrastruktur
Dalam infrastruktur digunakan access point yang terhubung dengan kabel ethernet, untuk kemudian dihubungkan dengan jaringan kabel. Kebanyakan jaringan nirkabel menggunakan tipe ini.demikian juga yang akan kita pakai sekarang
Sekarang kita pasang masing-masing kartu jaringan nirkabel PCMCIA untuk PC notebook dan PCI untuk PC desktop.Setelah terpasang tentunya kita harus install driver, dan biasanya kartu-kartu nirkabel kita perlu menginstal software tambahan yang akan mengatur kerjanya.

KONFIGURASI SOFTWARE
Install seluruh hardware yang terpasang pada komputer. Instalkan program Easy connect wireless, yang isinya adalah sebuah file konfigurasi untuk wireless pci adapter.
Hubungkan PC yang menggunakan kartu jaringan biasa dengan PC yang menggunakan kartu wireless PCI Adapter yang keduanya dihubungkan dengan akses point.
Setelahnya aceess point dihubungkan ke dalam switch, pada bagian Link Information terdapat informasi pada wireless adapter, diantaranya adalah
1. SS ID
2. Channel yang dipakai
3. Transmisi yang dipakai
4. Link Quality
Digunakan untuk melihat kekuatan signal wireles yang dipergunakan
Pilih bagian Configuration, lalu pilih :
1.   Mode Insfratructur
2.   SS ID ANNY
3.   Transfer rate Fully Automatic
4.   PS Mode Disable
5.   Channel  (Aktif jika mode Ad Hoc)
6.   Encription Transmition Secure

Lalu cek pada Workgroup MS Home yang sudah dibuat sebelumnya, dan ternyata sudah tersambung. Dan pada acces point akan terlihat lampu indikatornya kedap kedip menandakan bahwa sedang melakukan suatu proses komunikasi antara beberapa komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar